Upload ke Repository

upload ke repository

Setelah selesai membuat library, kita bisa upload library yang sudah kita buat ke Git Repository, ada banyak Git Repository yang gratis, contohnya adalah Github.

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dalam pengembangan web dengan PHP, penggunaan perpustakaan sangat penting untuk mempercepat proses pembuatan aplikasi web. 

Namun, pengelolaan perpustakaan PHP bisa menjadi sulit, terutama saat bekerja pada proyek yang kompleks. Oleh karena itu, mengunggah perpustakaan PHP ke repository, seperti GitHub, GitLab, dan Bitbucket, sangatlah penting bagi pengembang.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengunggah perpustakaan PHP ke repository.

Langkah-Langkah Upload ke Repository

Untuk yang pertama kali upload repository menggunakan git pastikan melakukan login di sisi git pada komputer windows dengan memasukan perintah :
  • git config --global user.name Samakan dengan Username Github
  • git config --global user.email Email Akun Github

1. Membuat Repository

Langkah pertama adalah membuat repositori baru. Anda dapat membuat repositori melalui situs web penyedia layanan seperti GitHub, GitLab, dan Bitbucket. Pastikan Anda telah membuat akun di situs web tersebut.

Setelah membuat akun, Anda dapat membuat repositori baru. Pilih opsi untuk membuat repositori baru, kemudian tentukan nama dan deskripsi untuk repositori tersebut. Jangan lupa untuk memilih jenis lisensi yang tepat untuk perpustakaan PHP Anda.

membuat repository github baru

copy link repository


2. Membuat Perpustakaan PHP

Setelah membuat repositori, langkah berikutnya adalah membuat perpustakaan PHP. Pastikan Anda telah menyiapkan perpustakaan dengan benar, termasuk file .gitignore yang menjelaskan cara penggunaan perpustakaan.

Buatlah direktori baru di dalam direktori Anda, dan berikan nama direktori yang sama dengan nama perpustakaan. Selanjutnya, buat file perpustakaan PHP di dalam direktori tersebut.

git init

result git init

git remote add origin

gitignore yang gak penting di upload

git status, git add, git status

3. Mengunggah Perpustakaan PHP ke Repository

Setelah perpustakaan PHP telah dibuat, langkah berikutnya adalah mengunggah perpustakaan ke repository. Anda dapat mengunggah perpustakaan dengan membuat folder baru di repository, kemudian menambahkan file perpustakaan PHP ke folder tersebut.

sukses upload ke repository github via git

git dan github authorize application via browser pertama kali

hasil upload dari git komputer ke repository github

Release atau Tag Github

Di GitHub, sebuah "release" atau "tag" adalah cara untuk menandai versi tertentu dari sebuah proyek atau repositori, dan biasanya digunakan untuk menandai versi yang stabil atau rilis dari perangkat lunak.

Release/tag pada GitHub dapat berisi informasi tentang perubahan atau peningkatan pada versi tertentu, seperti daftar perubahan, perbaikan bug, fitur baru, dll. Selain itu, release/tag juga dapat menampilkan file dan dokumen yang berkaitan dengan versi tersebut, seperti dokumen pengguna, instruksi instalasi, dll.

Ketika sebuah release/tag dibuat, GitHub akan memberikan label khusus yang membedakannya dari commit biasa, sehingga mudah diakses dan ditemukan oleh pengguna yang tertarik dengan versi tersebut. Dengan cara ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengunduh versi tertentu dari proyek yang mereka butuhkan.

Langkah-Langkah Membuat Release/Tag Pada Github

Masuk ke repository "PHP-Composer-Library" pada GitHub, lalu di sebelah kanan pojok bawah cari 🠆 Release 🠆 Create a new release .

create new release


Sesuaikan dengan kebutuhan misalnya, Target : master 🠆 Tag (Misal : 1.0.0) 🠆 Title Release (Release 1.0.0) 🠆 Deskripsi dari Release atau Tag (First Tag) .

setting release atau tag github


Selamat Release atau Tag berhasil di buat pada repository GitHub.

hasil buat release atau tag github
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url