Pengenalan MVC

pengenalan mvc

Sejarah MVC

MVC singkatan dari Model View Controller, yaitu salah satu software design pattern yang banyak digunakan ketika pengembangan aplikasi berbasis user interface.

MVC pertama kali dikenalkan oleh Trygve Reenskaug pada tahun 1970 ketika berkunjung ke Xerox Palo Alto Research.

Awalnya MVC banyak digunakan di aplikasi berbasis Desktop, namun sekarang MVC banyak diadopsi di Web.

Saat ini sendiri, design pattern MVC sudah banyak berkembang, ada  hierarchical model–view–controller (HMVC), model–view–adapter (MVA), model–view–presenter (MVP), model–view–viewmodel (MVVM), dan lain-lain.

Model View Controller

Seperti singkatannya, MVC dibagi menjadi tiga bagian :
  • Model, merupakan bagian yang merepresentasikan data. Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis data, seperti data request, data response, data table, dan lain-lain, sehingga kadang kita perlu memperkecil lagi scope dari Model itu sendiri ketika membuat aplikasi.
  • View, merupakan bagian yang merepresentasikan tampilan, seperti halaman web, desktop, mobile, dan lain-lain.
  • Controller, merupakan bagian yang mengurus alur kerja dari menerima input, memanipulasi data Model, sampai menampilkan View. Anggap saja Controller merupakan core logic dari aplikasi kita.

Diagram MVC

diagram mvc

Pada Kenyataannya

Walaupun sekilas MVC sangat sederhana, pada kenyataannya ketika kita membuat aplikasi yang kompleks, kita biasanya tidak lagi bisa memanfaatkan MVC.

Kadang kita butuh mengimplementasikan design pattern lain, seperti misal nya Service Pattern, Repository Pattern, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jangan terlalu terpaku pada satu pattern, jika kita bisa mengkombinasikan beberapa pattern agar kode aplikasi kita lebih rapih dan baik, maka disarankan untuk melakukan kombinasi.

Diagram Contoh Aplikasi

Diagram Contoh Aplikasi
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url