Direktori tmp Linux

Direktori tmp Linux

BikinBalik - Direktori ini digunakan untuk menyimpan berkas-berkas sementara, dan dapat diakses oleh pengguna atau aplikasi apa pun. Namun, berkas-berkas di /tmp tidak dapat diandalkan untuk bertahan lama:
  • Beberapa distribusi menjalankan pekerjaan cron otomatis, yang biasanya menghapus file yang lebih tua dari 10 hari, kecuali script pembersihan telah dimodifikasi untuk mengecualikannya.
  • Beberapa distribusi menghapus isi /tmp setiap kali boot ulang. Ini merupakan kebijakan Ubuntu.
  • Beberapa distribusi modern menggunakan sistem berkas virtual, menggunakan direktori /tmp hanya sebagai titik mount untuk ram disk menggunakan sistem berkas tmpfs. Ini adalah kebijakan default pada sistem Fedora. Ketika sistem melakukan boot ulang, semua informasi akan hilang; /tmp memang bersifat sementara!
Pada kasus terakhir, kita harus menghindari membuat file besar pada /tmp: file tersebut akan menghabiskan ruang pada memori dan bukan pada disk, dan akan sangat mudah untuk merusak atau membuat sistem menjadi crash karena kehabisan memori. 

Walaupun panduannya adalah agar aplikasi tidak menaruh file besar di /tmp, namun ada banyak aplikasi yang melanggar kebijakan ini dan membuat file-file besar yang bersifat sementara di /tmp.

Bahkan jika memungkinkan untuk meletakkannya di tempat lain (mungkin dengan menentukan sebuah environment variable), banyak pengguna yang tidak mengetahui bagaimana mengkonfigurasi hal ini dan semua pengguna memiliki akses ke /tmp.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url