Computer Management dan System Information Windows

Computer Management dan System Information Windows

Computer Management

Kita lanjutkan dengan Alat yang tersedia melalui panel Konfigurasi Sistem.

Utilitas Computer Management (compmgmt) memiliki tiga bagian utama: Alat Sistem, Penyimpanan, serta Layanan dan Aplikasi.

compmgmt

System Tools

Mari kita mulai dengan Penjadwal Tugas. Menurut Microsoft, dengan Penjadwal Tugas, kita dapat membuat dan mengelola tugas umum yang akan dijalankan komputer secara otomatis pada waktu yang kita tentukan.

Tugas dapat menjalankan aplikasi, skrip, dll., dan tugas dapat dikonfigurasikan untuk dijalankan pada waktu kapan saja. Tugas dapat dijalankan saat masuk atau keluar. Tugas juga dapat dikonfigurasikan untuk berjalan pada jadwal tertentu, misalnya, setiap lima menit.

Untuk membuat tugas dasar, klik Create Basic Task di bawah action (right pane).


create task

Berikutnya adalah Event Viewer.

Event Viewer memungkinkan kita untuk melihat kejadian-kejadian yang telah terjadi pada komputer. Catatan kejadian ini dapat dilihat sebagai jejak audit yang dapat digunakan untuk memahami aktivitas sistem komputer. Informasi ini sering digunakan untuk mendiagnosa masalah dan menyelidiki tindakan yang dijalankan pada sistem. 

event viewer

Event Viewer memiliki tiga panel.

Panel di sebelah kiri menyediakan daftar pohon hirarkis dari penyedia log peristiwa. (seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas)

Panel di tengah akan menampilkan ikhtisar umum dan ringkasan peristiwa khusus untuk penyedia yang dipilih.

Panel di sebelah kanan adalah panel tindakan.

Ada lima jenis peristiwa yang dapat dicatat. Di bawah ini adalah tabel dari docs.microsoft.com yang memberikan deskripsi singkat untuk masing-masing.

five event types

Log standar dapat dilihat di bawah Log Windows. Di bawah ini adalah tabel dari docs.microsoft.com yang memberikan deskripsi singkat untuk masing-masing.

standard event logs

Folder Bersama adalah tempat Anda akan melihat daftar lengkap berbagi dan folder bersama yang dapat disambungkan ke orang lain. 

shared folders

Pada gambar di atas, di bawah Shares, adalah share default Windows, C$, dan share administrasi jarak jauh default yang dibuat oleh Windows, seperti ADMIN$. 

Seperti halnya objek apa pun di Windows, Anda dapat mengklik kanan pada folder untuk melihat propertinya, seperti Izin (siapa yang dapat mengakses sumber daya bersama). 

Di bawah Sessions, Anda akan melihat daftar pengguna yang saat ini terhubung ke berbagi pakai. Di VM ini, Anda tidak akan melihat siapa pun yang terhubung ke berbagi pakai.

Semua folder dan/atau file yang diakses pengguna yang terhubung akan terdaftar di bawah Open Files.

Bagian Pengguna dan Grup Lokal seharusnya sudah Anda kenal dari Windows Fundamentals 1 karena itu adalah lusrmgr.msc.

Pada Performance, Anda akan melihat sebuah utilitas yang disebut Performance Monitor (perfmon).

Perfmon digunakan untuk melihat data kinerja baik secara real-time maupun dari file log. Utilitas ini berguna untuk memecahkan masalah kinerja pada sistem komputer, baik lokal maupun remote. 

perfmon

Device Manager memungkinkan kita untuk melihat dan mengonfigurasi perangkat keras, seperti menonaktifkan perangkat keras yang terpasang pada komputer.

device mgr

Storage 

Di bawah Penyimpanan adalah Cadangan Windows Server dan Manajemen Disk. Kami hanya akan melihat Manajemen Disk di ruangan ini.

Catatan: Karena mesin virtual adalah sistem operasi Windows Server, ada utilitas yang tersedia yang biasanya tidak akan Anda lihat di Windows 10.

disk mgmt

Disk Management adalah utilitas sistem pada Windows yang memungkinkan Anda untuk melakukan tugas-tugas penyimpanan tingkat lanjut.  Beberapa tugas tersebut adalah:
  • Menyiapkan drive baru
  • Memperluas partisi
  • Mengecilkan partisi
Menetapkan atau mengubah huruf drive (mis. E:) 

Services and Applications

services apps

Ingatlah kembali tugas sebelumnya; layanan adalah jenis aplikasi khusus yang berjalan di latar belakang. Di sini Anda dapat melakukan lebih dari sekadar mengaktifkan dan menonaktifkan layanan, seperti melihat Properti untuk layanan.

services

Kontrol WMI mengkonfigurasi dan mengontrol layanan Windows Management Instrumentation (WMI).

Menurut Wikipedia, "WMI memungkinkan bahasa skrip (seperti VBScript atau Windows PowerShell) untuk mengelola komputer pribadi dan server Microsoft Windows, baik secara lokal maupun jarak jauh. Microsoft juga menyediakan antarmuka baris perintah untuk WMI yang disebut Windows Management Instrumentation Command-line (WMIC)."

Catatan: Alat WMIC sudah tidak digunakan lagi di Windows 10, versi 21H1. Windows PowerShell menggantikan alat ini untuk WMI. 

System Information

Kami akan melanjutkan dengan Alat yang tersedia melalui panel Konfigurasi Sistem.

Apa yang dimaksud dengan alat Informasi Sistem (msinfo32)?

Menurut Microsoft, "Windows menyertakan alat yang disebut Microsoft System Information (Msinfo32.exe).  Alat ini mengumpulkan informasi tentang komputer Anda dan menampilkan tampilan komprehensif tentang perangkat keras, komponen sistem, dan lingkungan perangkat lunak, yang dapat Anda gunakan untuk mendiagnosis masalah komputer."

Informasi dalam Ringkasan Sistem dibagi menjadi tiga bagian:

  • Hardware Resources
  • Components
  • Software Environment
System Summary akan menampilkan spesifikasi teknis umum untuk komputer, seperti merek dan model prosesor.

system summary

Informasi yang ditampilkan di Sumber Daya Perangkat Keras bukan untuk pengguna komputer pada umumnya. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagian ini, lihat halaman resmi Microsoft.

hardware resources

Di bawah Components, Anda dapat melihat informasi spesifik tentang perangkat keras yang terpasang pada komputer. Beberapa bagian tidak menampilkan informasi apa pun, tetapi beberapa bagian menampilkan informasi, seperti Display dan Input.

components

Pada bagian Software Environment, Anda dapat melihat informasi tentang perangkat lunak yang dibenamkan ke dalam sistem operasi dan perangkat lunak yang telah Anda instal. Detail lainnya juga dapat dilihat di bagian ini, seperti Environment Variables (Variabel Lingkungan) dan Network Connections (Koneksi Jaringan).

software env

Ingatlah kembali artikel (Tugas Folder Windows\System32) di mana Environment Variables disinggung secara singkat. 

Menurut Microsoft, "Environment Variables menyimpan informasi tentang Environment sistem operasi. Informasi ini mencakup rincian seperti jalur sistem operasi, jumlah prosesor yang digunakan oleh sistem operasi, dan lokasi folder sementara.

Environment Variables menyimpan data yang digunakan oleh sistem operasi dan program lain. Sebagai contoh, variabel lingkungan WINDIR berisi lokasi direktori instalasi Windows. Program dapat meminta nilai variabel ini untuk menentukan di mana file sistem operasi Windows berada".

Klik Environment Variables untuk melihat nilai yang ditetapkan untuk mesin virtual.

env variables

Metode lain untuk melihat Environment Variable adalah 

Control Panel > System and Security > System > Advanced system settings > Environment Variables atau Settings > System > About > system info > Advanced system settings > Environment Variables.

env variables

Jalan memutar sudah selesai. Mari kita alihkan perhatian kita kembali ke msinfo32 dan melanjutkan apa yang telah kita bahas sebelumnya.

Di bagian paling bawah dari utilitas ini, ada bilah pencarian. Silakan mencobanya. Pilih Komponen dan cari IP Addresses.

msinfo32 search

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url